NISSAN GRAND LIVINA BANNER

NISSAN GRAND LIVINA BANNER

JUAL NISSAN GRAND LIVINA HWS 2012

Written By IRMAN HAMZAH on Selasa, 10 Januari 2012 | 11.13

======== REVIEW MOBIL ===========

Serena Versi Mini - Nissan Grand Livina Highway Star 1.8L A/T

BosMobil.com - Nissan Grand Livina Highway Star lahir bertepatan dengan 10 tahun kiprah PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Kendaraan ini sebenarnya meupakan hasil garapan modifikasi Autech pada Grand Livina.

Autech merupakan Autech Japan Inc perusahaan yang didirikan oleh Nissan Motor Company Limited Jepang sejak 1986. Perusahaan ini merancang khusus sebuah kendaraan untuk tujuan tertentu dengan bisnis utamanya sebagai SV (Speciality Vehicle), LV (Life Care Vehicle) dan WV (Work Use Vehicle).

Kerja sama dengan NMI dalam bentuk SV dengan merancang kendaraan Nissan yang disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan konsumen di Indonesia, namun tetap memperhatikan kenyamanan dan penggunaan sehari-hari. Tim designer Autech sebelumnya sudah menjajah Nissan X-Trail maupun Nissan Serena agar tampil lebih sporty. Lantas seperti apa hasil rombakan tim modifikasi khusus Nissan itu pada Grand Livina? Simak review ekslusif dari tim BosMobil.com beberapa waktu lalu.

Eksterior
Sama seperti racikan Autech lainnya, banyak aksesoris tambahan yang ditempel pada Nissan Grand Livina Highway Star. Pada front facia misalnya, desian grill depan kini berbentuk empat garis horizontal berlapis krom. Kemudian bentuk bumper juga direvisi sehingga terlihat lebih sporty apalagi dipadu fog lamp garnish dengan desain baru.

Pada bagian sisi, Nissan mempersembahkan bodi Grand Livina Highway Star dengan tambahan side skirt Autech. MPV 7 penumpang itu juga punya sepatu baru dengan penggunaan velg alloy 15 inci multi spoke berlekuk frill two tone colour.

Untuk sektor buritan, aksesoris Autech bisa ditemukan dari rear bumper spoiler dan rear upper spoiler baru. Bentuk rear commbination lamp tetap sama dengan Grand Livina lain, tapi di bagian belakang tepatnya di dekat handle bagasi ada tambahan emblem Highway Star yang disepuh krom.

Interior


Elemen Autech ternyata tak cuma menyentuh eksterior, tapi juga sisi interior. Begitu pintu dibuka, maka nuansa kabin berwarna hitam langsung menyeruak. Jok dan door trim dilapis kulit berwarna hitam yang juga senada warna dashboard Nissan Grand Livina Hihgway Star. Namun untuk pilar dan plafon dibalut dengan bahan suede berwarna beige.


Wood panel menjadi ornamen yang mengangkat ikut mengangkat nuansa kemewahan di kabin Grand Livina Highway Star, misalnya pada sebagian setir, center console, dan door trim. Dibanding Grand Livina "biasa", Autech sukses menyuguhkan interior yang lebih mewah. Bahkan menurut kami mirip dengan Nissan Serena Highway Star.

Sarana hiburan pun cukup mumpuni. Audio system Nissan Grand Livina Highway Star siap memainkan CD, MP3, serta DVD dengan tambahan slot USB, Aux-in, hingga SD Card. Lagi-lagi mirip Nissan Serena Highway Star, pada head rest jok penumpang depan dan sopir juga ditanamkan layar monitor.

Performance
Dibalut tambahan bodykit, velg baru plus interior yang lebih mewah, ternyata jika membuka kap mesin maka versi Highway Star ini masih menggunakan jeroan yang sama dengan Nissan Grand Livina 1.8.

Bermodal mesin 1.8L 4 silinder DOHC CVTC dengan kode MR18DE, karuan saja lompatan tenaga dan torsi masih setara Grand Livina 1.8, yakni 126 PS pada 5.200 rpm dnegan torsi puncak 17,7 Kg-m di 4.800 rpm.

Ketika dilakukan uji jalan, saat posisi tuas transmisi ada di "D", akselerasi kurang optimal, tapi mobil bisa dipacu hingga kecepatan tinggi. Pada kondisi jarum speedometer menunjukkan 160 km/jam, mobil masih tetap nyaman, setir tidak mengalami getaran, dan deru mesin serta gesekan ban dengan permukaan aspal juga tidak berlebihan.


Jika membutuhkan akselerasi yang lebih baik maka tuas transmisi tinggal di geser ke posisi "2". Pada posisi ini juga berguna ketika menjelajahi medan jalan menanjak atau turunan tajam. Selain dengan menggeser ke posisi "2", akselerasi bisa juga di dapat dengan mengaktifkan fitur over drive. Caranya, tinggal tekan tombol kecil yang ada di tuas transmisi untuk mengaktifkan, lalu injak pedal gas dalam-dalam, maka Grand Livina Highway Star bisa melaju lebih lincah.

Suspensi yang masih menggunakan McPherson strut with stabilizer di depan dan Torsion beam with stabilizer pada bagian belakang membuat kaki-kaki Nissan Grand Livina Highway Star tak ada bedanya dengan Grand Livina 1.8L lain. Jika mobil dimuati 3-4 orang maka stabilitas sangat baik, tapi jika hanya sendiri, maka saat kecepatan tinggi masih muncul gejala ajrut-ajrutan. Nilai plusnya, versi teratas ini sudah diperkuat sistem keselamatan aktif ABS, EBD, dan BA.

Price


Dibanding Honda Freed, Toyota Kijang Innova, atau Isuzu Panther, jelas Nissan Grand Livina Highway Star menawarkan sesuatu yang lebih. Dengan banderol Rp.240 juta on the road Jakarta mobil keluarga ini menawarkan bentuk body yang lebih manis dan interior yang nyaman plus tampilan mewah, lengkap dengan kinerja mesin yang tak perlu diragukan lagi. Berdasarkan penilaian tim Bosmobil, Nissan Grand Livina Highway Star merupakan versi mini dari Nissan Serena Highway Star. Setuju?!

Source : http://otomotif.bosmobil.com

0 komentar:

Poskan Komentar

ALL NEW NISSAN GRAND LIVINA 2013

POWERED BY PROMO JAKARTA DOTCOM